Minggu, 08 Mei 2011

Akuarium Baru Perlu "Bacteria Starter"

Biolite - G, produk bacteria starter
untuk mempercepat masa cycling 
tanki akuarium baru
(Gambar: screenshot situs Biolite - G)
Lewat artikel "Bakteri Bukan Sekedar Pelengkap Aquarium", kita tahu bahwa akuarium baru perlu melewati masa cycling, untuk mengembangbiakkan cukup banyak koloni bakteri sebelum bisa menyokong kehidupan ikan di akuarium. Berkat bioteknologi, jumlah ideal koloni bakteria di dalam akuarium baru dapat lebih cepat tercapai, lewat produk bacteria starter.

Salah satunya adalah Biolite-G, produk yang mudah ditemui di toko penjual ikan hias di Jakarta. Harga terjangkau, produk semacam ini akan membantu mencegah hewan akuatik kesayangan hobiis aquascaper mati karena keracunan kadar amonia berlebihan.

Adalagi fungsi produk bacteria starter, yaitu mencegah munculnya ledakan alga di akuarium yang bisa membuat air menjadi hijau atau kecoklatan. Tak hanya di masa akuarium baru dipasang, dari waktu ke waktu, alga dapat tiba-tiba berkembang sehingga membuat air menjadi keruh.

Alga adalah bagian dari spesies flora tingkat rendah yang mampu menyerap mineral jauh lebih cepat dibanding  tanaman hias akuarium. Secara jangka panjang, ledakan alga menjeblokkan mineral yang berguna bagi tanaman, juga menurunkan kadar oksigen hingga menyiksa sebelum akhirnya membunuh ikan di akuarium.

Bacteria starter biasanya mengandung beberapa bibit bakteri yang sudah didormansikan. Dikemas dengan bahan penyerap air, seperti tanah liat Montmorillonite, bakteri dapat "tidur" sebelum menjadi aktif segera setelah memasuki habitat idealnya (seperti akuarium).

Donor Bakteri

Dr. Tim Hovanec
Marineland Aquarium Products
(Foto: Youtube)
Cara lain untuk mendapatkan bakteri adalah dengan menggunakan air dari akuarium yang sudah matang. Dengan demikian, bakteri dari akuarium lama yang sudah terbukti mampu menguraikan amonia secara sempurna, diharapkan akan berpindah dan berkembang biak dengan lebih cepat di tempat baru.

Pemelihara akuarium profesional pun menggunakan cara donor semacam ini. Misalnya, Dr. Tim Hovanec yang menjual dan mempergunakan bacteria starter botolan hasil kultivasinya sendiri, untuk membantu akuarium raksaksa milik instansi tertentu.

Klien Dr. Hovanec sangat memerlukan bacteria starter untuk membantu bisnis jutaan dollar marine park agar bisa segera beroperasi menerima pengunjung, tak harus menunggu ratusan hari sebelum jutaan liter air akuarium mereka cukup terisi bakteri pengurai amonia. Klien Dr. Hovanec antara lain London Aquarium, dan Sea Life Aquarium di Arizona, Amerika Serikat.

Memiliki produk bacteria starter bisa terasa lebih menguntungkan karena menjamin bebas ketergantungan terhadap akuarium lama. Di samping itu, produk semacam ini juga dapat setiap saat dipergunakan pada filter akuarium, yaitu menguraikan kadar amonia yang muncul dari sisa makanan fauna akuatik kesayangan.

Jadi, tanyakan pada toko hewan kesayangan Anda, produk bacteria starter apakah yang mereka jual.