Kamis, 05 Mei 2011

Aquascape, Hobi Bergengsi Tinggi

Aquascape, secara sederhana berarti menata taman dengan menggunakan terutama tanaman perairan. Memelihara tanaman air sangat mengasyikkan, karena selain tumbuhan, kita bisa sekaligus memelihara ikan hias, udang, kepiting, atau hewan air lainnya.

Di alam, kita bisa menemui tanaman air hidup dalam tiga tipe habitat. Ada yang tumbuh di daerah basah (wetlands), perairan tenang (seperti kolam), atau berarus kencang (misalnya di sungai atau saluran air).

Tanaman bawah air dalam kondisi alami
(Photo: Wikimedia)
Flora air adalah penopang kehidupan bagi hewan di segala macam habitat akuatik tadi. Mereka tumbuh sebagai produsen utama bahan makanan, pengurai, maupun penghasil oksigen yang dibutuhkan dalam metabolisme mahluk hidup air.

Di kondisi alami, alam mengatur bagaimana hewan dan tumbuhan dapat saling bergantung. Aliran air yang keluar-masuk, radiasi cahaya matahari, sumber mineral, semuanya saling berjalan dengan menghasilkan keseimbangan oleh tanaman dan akhirnya menentukan kehidupan hewan perairan.

Lain halnya dengan sistem buatan manusia, yang meniru kondisi alami dengan persediaan sumberdaya jauh lebih terbatas dibanding kemampuan daya dukung alam. Tantangan dalam aquascaping adalah bagaimana kita bisa memadukan ilmu pengetahuan untuk mengerti dan meniru cara kerja alam akuatik, dan mengeksplorasi imajinasi dalam mengolah tata ruang demi menciptakan bentuk indah nan alami.

Desain aquascape akuarium
 - gaya natural
(Photo: Peter Kirwan/Wikipedia)
Seorang penggiat aquascaping, harus berpikir dan terus-menerus berupaya agar flora dan fauna yang mereka pelihara dapat hidup dan menghasilkan pemandangan menakjubkan. Upaya penuh akal-budi ini akhirnya akan mengajarkan banyak hal bagi sang hobiis, tak akan habis mengungkapkan keajaiban alam dalam memelihara hidup kita, manusia.

Saratnya kebutuhan prasyarat daya pikir dan estetika dalam menjalankan hobi aquascaping telah membuatnya menjadi kegemaran bergengsi bagi masyarakat maju yang sudah berjasa mengembangkan ragam teknik penataan dan pemeliharaan taman air ini. Kini giliran kita, orang Indonesia, yang mewarisi alam tropis kaya untuk mengembangkan lebih jauh hobi aquascaping.

Jika Anda masih ingin pikir-pikir menjadi penyuka aquascaping, ingat saja adalah hobi ini bergengsi karena menunjukkan peradaban masyarakat maju yang mumpuni dalam ilmu pengetahuan dan memahami sisi estetika. Yuk, mulai hobi aquascaping dari sekarang?









Kondisi alami tanaman air di lingkungan akuatik natural seperti ini adalah yang menjadi inspirasi bagi para hobiis aquascaping.